Kamis, 21 Oktober 2021

Penjelasan seputar RPG Maker

Hampir semua orang pernah memainkan game bermain peran atau bahasa kerennya Role Playing Game a.k.a RPG. Yups! Seperti yang gw jelaskan dalam artikel sebelumnya, RPG adalah genre game yang berfokus pada pengembangan karakter yang diperankan oleh gamer. Saat ini, banyak banget game RPG keren yang pernah dan/atau sering kita mainkan. Final Fantasy, Dragon Quest, Kingdom Hearts, Diablo, The Legend of Zelda, Genshin Impact, dan banyak banget judul game RPG yang bertebaran di mana-mana.

Genshin Impact sebagai Game RPG paling fenomenal akhir-akhir ini.
Genshin Impact sebagai Game RPG paling fenomenal akhir-akhir ini.

Tapi, pernah gak sih kalian kepikiran bikin game RPG? Nah, pasti di antara elu semua pasti bakalan berpikir bahwa bikin game RPG itu susah. Mesti harus belajar gambar, ngoding, punya ide cerita yang bagus, dkk. Belum lagi kalau kita harus ngoding script yang banyak dan ruwetnya setengah mati! Belum lagi kalau tiba-tiba ada bug yang harus diselesaikan hingga membuat kepala rasanya kayak mau pecah! Tapi, kalian gak perlu panik kok! Ada banyak banget Game Engine yang membantu kalian mewujudkan keinginan kalian tanpa perlu pemrograman sama sekali. Contohnya RPG Maker.

Apa itu RPG Maker?

RPG Maker (Jepang: RPGツクール(RPG Tsukuuru)) adalah software Game Engine Drag and Drop yang digunakan untuk mengembangkan game RPG. Software ini dikembangkan pertama kali pada tahun 1992 di Jepang oleh sekelompok pengembang yang bernama ASCII, yang kemudian diteruskan oleh Enterbrain pada tahun 2003. Program ini telah diluncurkan oleh di Jepang, dan kemudian diluncurkan di Cina, Korea Selatan, hingga Amerika Utara, Eropa, dan Australia

Software RPG Maker memungkinkan ktita untuk membuat game RPG bergaya Tile-based ala konsol jaman dulu (Famicom, Super Nintendo, Gameboy Color dan Advanced) tanpa perlu mempelajari bahasa pemrograman yang rumit. Kenapa? Karena RPG Maker menyediakan kumpulan tileset untuk membuat peta, bahasa pemrograman yang sederhana, dan sistem pertarungan yang sudah ada. Untuk versi PC, kita bisa membuat assets sendiri seperti tilesets, spirtes, gambar animasi sel untuk efek pertempuran, gambar musuh, facesets, dan lain-lain sebagainya untuk game RPG buatan kita.

Perkembangan RPG Maker

RPG Maker Dante 98


RPG Maker Dante 98
RPG Maker Dante 98

RPG Maker yang pertama kali dirilis adalah RPG Maker Dante yang dirilis pertama kali di Jepang pada tanggal 17 Desember 1992 untuk PC-9800 dengan nama RPG Tsukuuru Dante (Enterbrain, Wikipedia). Versi paling anyar adalah RPG Tsukuuru Super Dante untuk NEC PC-9801 dan Super Famicom (Super Nintendo Entertainment System, Red).

Tampilan RPG Maker Dante 98 dalam Bahasa Jepang.
Tampilan RPG Maker Dante 98 dalam Bahasa Jepang.

Contoh game yang pernah dibuat menggunakan Software ini adalah Game Corpse Party oleh Team GrisGris yang merupakan Game Horror pertama yang dibuat menggunakan RPG Maker.

RPG Maker 95

RPG Maker 95
RPG Maker 95

RPG Maker 95 merupakan RPG Maker yang dirilis pertama kali untuk Microsoft Windows pada tanggal 28 Maret 1997. Meski merupakan edisi paling lama untuk Sistem Operasi Windows, RPG Maker 95 memiliki resolusi layar yang tingi (640 x 480) dan dapat mendukung resolusi assets seperti Sprites dan Tilesets yang lebih tinggi dari versi-versi berikutnya. Sistem pertempuran yang diberikan adalah turn-based dan sudut pandang first person atau sudut pandang orang pertama.

Screenshot dari Editor RPG Maker 95.
Screenshot dari Editor RPG Maker 95.

RPG Maker 2000


Splash Screen RPG Maker 2000
Splash Screen RPG Maker 2000

RPG Maker 2000 merupakan rilisan kedua dari serial RPG Maker untuk Windows yang dirilis di Jepang pada 5 April 2000 lalu dirilis di seluruh dunia lima belas tahun kemudian. Meski mengalami penurunan resolusi layar dan sprite dibandingkan dengan RPG Maker 95 dengan ukuran tiles 16 x 16 dan sprites karakter berukuran 24 x 32, Sprites RPG Maker 2000 memiliki keunggulan, yaitu kompatibel dengan komputer lama dan juga lebih mudah digambar. Sistem pertarungan pada RPG Maker 2000 masih menggunakan turn based dengan sudut pandang orang pertama ala Dragon Quest jaman dulu dimana musuh menatap pemain secara langsung dan kita tidak bisa melihat karakter kita sendiri. Versi ini juga memperkenalkan "Runtime Package" Alias RTP untuk pertama kalinya dimana ia merupakan sekumpulan assets, musik, dan efek suara yang digunakan di RPG Maker 2000 yang harus di unduh untuk memainkan game yang dibuat dengan software ini.

Screenshot dari Editor RPG Maker 2000
Screenshot dari Editor RPG Maker 2000

RPG Maker 2003

Splash Screen RPG Maker 2003
Splash Screen RPG Maker 2003

RPG Maker 2003 merupakan pemuktahiran dari RPG Maker 2003 yang dirilis di Jepang pada tanggal 18 Desember 2002. Versi ini merupakan versi pertama yang dikembangkan oleh Enterbrain yang sebleumnya pernah bersama ASCII. Ia dapat mengkonversi data di RPG Maker 2000 ke versi 2003 namun tidak bisa sebaliknya. Versi ini memperkenalkan sistem pertempuran side view degnan sudut pandang orang ketiga ala Final Fantasy Zaman Nintendo Pra-Gamecube dengan fitur ATB System dimana karakter dan musuh bisa mengambil tindakan berdasarkan level Agility mereka.

Fitur Terbaru dari RPG Maker 2003. Yaitu Sistem pertempuran Sideview.

RPG Maker XP

Splash Screen RPG Maker XP
Splash Screen RPG Maker XP

RPG Maker merupakan rilisan keempat dari Serial RPG Maker untuk Windows. Dirilis di Jepang pada tanggal 22 Juli 2004 dan kemudian di Amerika pada tanggal 16 September 2005, RPG Maker ini dibuat dan dirilis oleh Enterbrain yang sudah membeli lisensinya dari ASCII. Pada versi ini, battle system difokuskan pada sisi orang pertama alias karakter tidak ditampilkan dan hanya memperlihatkan musuh saja. Versi ini memperkenalkan fitur baru yaitu bahasa pemrograman Ruby yang mudah dipelajari., memungkinkan pengguna yang jago scripting bisa memodifikasi fitur yang sudah ada ataupun menambahkan fitur baru pada game mereka. 

Screenshot dari Editor RPG Maker XP.
Screenshot dari Editor RPG Maker XP

RPG Maker VX


Splash Screen RPG Maker VX.
Splash Screen RPG Maker VX.

RPG Maker VX merupakan rilisan kelima dari serial RPG Maker untuk Windows yang dirilis di Jepang tanggal 27 Desember 2007 dan 29 Februari 2008 di Amerika. Ia dikenal sebagai versi yang jauh lebih mudah digunakan dari versi-versi sebelumnya. Versi ini juga memiliki jumlah frame rate 60 per detik yang lebih halus dari versi sebelumnya. RPG VX ini menggunakan pemrograman RGSS2 dimana pengguna dapat mengedit script yang sudah ada ataupun menambahkan script baru yang dapat membuat permainan buatan mereka semakin menarik. Sayangnya versi VX memiliki satu kelemahan. Yaitu penggunaan tilesets yang sangat terbatas untuk membuat peta.

Screenshot dari Editor RPG Maker VX.
Screenshot dari Editor RPG Maker VX.

RPG Maker VX Ace

Splash Screen RPG Maker VX Ace.
Splash Screen RPG Maker VX Ace.

RPG Maker VX Ace merupakan rilisan keenam yang dirilis di Jepang pada 15 Desember 2011 dan 15 Maret 2012 di AS. Ia merupakan versi pemuktahiran dari versi VX yang meniadakan masalah multiple tileset di VX. Versi ini memperkenalkan battle background yang dipisahkan jadi dua bagian, bagian atas dan bawah. Fitur tambahan pada VX Ace adalah penambahan fitur damage formula pada skill, spell, dan items, memungkinkan pemain dapat mengatur damage formula mereka sendiri dengan lebih bebas. Selain itu, RTP pada VX didesain ulang untuk VX Ace dan juga soundtrack Techno pop diperkenalkan pada versi ini. Versi ini merupakan versi terakhir yang memperkenalkan bahasa pemrograman Ruby dalam bentuk RGSS3 yang kemudian diganti oleh Javascript di MV yang nanti akan kita bahas setelah yang satu ini.

Screenshot dari Editor RPG Maker VX Ace.

RPG Maker MV

Splash Screen RPG Maker MV.

RPG Maker MV merupakan Rilisan ketujuh yang dirilis pertama kali oleh Degica yang sebelumnya dirilis oleh Enterbrain pada tanggal 23 Oktober 2015. Versi ini menyertakan banyak perubahan pada versi-versi sebelumnya dengan fitur-fitur baru seperti dukungan pada multiplatform, pertempuran side-view third person sebagai pengganti pertempuran first person front-view, dan fitur resolusi tinggi. Ia merupakan Engine pertama yang menggunakan Javascript sebagai bahasa pemrograman mereka, dengan penambahan plugin. Game yang dibuat di MV bisa dimainin di PC (Windows dan Mac) ataupun dimainin di telepon seluler yang memiliki sistem operasi Android. Fitur layer yang sebelumnya dihapus di VX dan VX Ace diperkenalkan kembali. Namun, enggak kayak XP yang harus ditumpuk di atas tile lain secara manual, MV menumpuknya tiles diatasnya secara otomatis.

Screenshot dari Editor RPG Maker MV.
Screenshot dari Editor RPG Maker MV.


RPG Maker MZ

Splash Screen RPG Maker MZ.
Splash Screen RPG Maker MZ.

RPG Maker MZ merupakan rilisan kedelapan dan paling anyar yang dirilis secara global pada tanggal 20 Agustus 2020 oleh Degica. MZ punya fitur baru seperti Effekseer Particel System, fungsi Autosave dan XP-style Autolayer. MZ memungkinkan pengguna membuat plugin menggunakan Javascript seperti versi sebelumnya. RPG Maker MZ merupakan salah satu versi RPG Maker yang mendapat review positif dari para pengguna sejak dirilis.

Screenshot dari Editor RPG Maker MZ.
Screenshot dari Editor RPG Maker MZ.

RPG Maker Untuk Konsol

Selain untuk komputer, RPG Maker juga dirilis untuk konsol rumahan. Untuk Playstation sendiri, terdapat berberapa versi dalam RPG Maker seperti RPG Maker untuk PS1, RPG Maker 2 dan 3 untuk PS2, hingga MV Trinity untuk PS4. Sedangkan untuk handheld ada RPG Maker Advanced untuk Gameboy Advanced dan RPG Maker Fes untuk Nintendo DS.

Screenshot dari Map Editor RPG Maker versi PSX.
Screenshot dari Map Editor RPG Maker versi PSX.

Bisakah kita bikin game selain RPG di RPG Maker?

Seperti yang kita tahu, RPG Maker memang ditujukan untuk membuat game RPG sendiri. Tapi, bukan berarti kita gak bisa bikin game lain. Selain untuk bikin game RPG, kita juga bikin game Horor menggunakan game RPG Maker. Seperti game Corpse Party, Witch House, IB, dsb. Ketiganya merupakan game horror yang dibikin menggunakan RPG Maker.

Mad Father. Salah satu Game Horor yang dibuat menggunakan RPG Maker.
Mad Father. Salah satu Game Horor yang dibuat menggunakan RPG Maker.

Selain game horor, kita juga bisa bikin game ber-genre adventure yang berfokus pada penjelajahan, cerita dan teka-teki. Seperti pada game OneShot buatan Eliza Velasquez dan Nightmargin (RPG Maker Wiki). Dengan cerita yang menarik dan puzzle yang menantang, OneShot merupakan salah satu game RPG Maker terbaik sepanjang masa.

Screenshot Oneshot Garapan Eliza Velasquez.
Screenshot Oneshot Garapan Eliza Velasquez

Jadi, mau genre puzzle, horor, adventure, atau bahkan romance, kita bisa menciptakan game non RPG dengan menggunakan RPG Maker. Selebihnya tergantung kemampuan dan kreatifitas kita saja.

Epilogue.

Demikian penjelasan seputar RPG Maker. Semoga apa yang saya share di blog ini bermanfaat bagi kita semua. Komentar dari kalian akan memotivasi saya untuk menulis lebih banyak. Oke wes bye-bye...

Lihat Juga:

Membahas Jenis-Jenis Genre Game

Ciri Khas RPG Jepang alias J-RPG

Sumber:

Wikipedia:

https://en.wikipedia.org/wiki/RPG_Maker

https://rpgmaker.fandom.com/wiki/OneShot

2014. Membuat Game RPG dengan RPG Maker. Semarang: Wahana Komputer.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarmu Semangatku